Calon PNS Lewat batas Umur, Status CPNS Akan Dibatalkan BKD

 

Jaminan kemurnian dan bebas kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, formasi 2010 yang dilontarkan Sekretaris Daerah (Sekda) Pinrang H Syarifuddin Side dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pinrang Untung Pawittoi, terpatahkan seiring ditemukannya CPNS telah diluluskan namun tidak memenuhi syarat.

CPNS dari formasi tenaga kesehatan bernama Abdillah Sulaiman, berhasil mengumpulkan nilai ujian sebesar 772.188. Belakangan, CPNS tersebut diketahui tidak memenuhi syarat untuk diluluskan karena usianya lebih dari 40 tahun ketika memasukkan berkas lamaran.

"Kami menjamin perekrutan dan pengangkatan CPNS hingga pengumuman CPNS yang diterima sesuai mekanisme dan hasil usaha masing-masing CPNS. Jika ditemukan ada oknum calon dari luar pemerintahan, laporkan saja ke polisi atau ke pihak kami, dan akan kami tindak lanjuti sesuai proses hukum," tegas Untung Pawittoi pascaperekrutan CPNS tahun lalu.

Sekadar diketahui, pada 2010 lalu, BKD Pinrang berhasil meluluskan 276 CPNS dari 300 CPNS. Bahkan, pada saat penerimaan dan pemeriksaan berkas lamaran CPNS, Untung Pawittoi menjamin kinerja jajarannya dalam menseleksi berkas calon pelamar dan langsung dilakukan penolakan jika dianggap tidak memenuhi syarat.

Ketika dikonfirmasi, mantan Kadisperindagpar ini mengakui adanya temuan BKN terhadap CPNS yang telah diluluskan namun tidak memenuhi syarat karena usianya melampaui batas persyaratan.

"Memang betul, ada temuan dan telah kami laporkan ke BKN. Temuan tersebut sementara dalam pemeriksaan BKN. Namun, satu data yang eror kami anggap wajar mengingat ribuan berkas harus kami seleksi ketika itu," jelasnya.

Saat ini, dengan ditemukannya kesalahan tersebut, praktis kelulusan Abdillah Sulaiman dibatalkan oleh pihak BKD.

"Meski telah kita umumkan lulus dalam penerimaan CPNS tahun lalu, namun karena adanya temuan bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat, maka kelulusannya dibatalkan atau dihanguskan, sehingga namanya dicoret dari daftar CPNS lulus," paparnya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s