Manfaat Minum Jus Alpukat untuk Diet

Ikuti Kompetisi CpnsOnline, Klik Gambar

Ikuti Kompetisi CpnsOnline, Klik Gambar

Banyak diantara kita belum menyadari betapa pentingnya minum jus buah. Jus buah memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh, karena dengan minum jus kita bisa mendapatkan nutrisi alami secara aman dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Disamping itu jus juga merupakan metode cepat untuk memperoleh makanan yang mudah dicerna dan diasimilasi oleh tubuh.

Salah satu jus buah yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita yaitu alpukat. Buah yang berwarna hijau ini memiliki rasa hambar, tidak terasa manis ataupun asam sehingga biasanya orang-orang yang membuat jus alpukat menambahkan gula dan susu kedalamnya, selain rasanya yang nikmat ternyata jus alpukat mempunyai banyak manfaat dan khasiat. Jus alpukat adalah minuman yang kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, dan vitamin E. Selain itu, jus alpukat mengandung berbagai zat dan mineral lain seperti protein, karbohidrat, lemak tak jenuh, asam oleat, zat besi, fosfor, kalsium, asam folat dan juga serat. Kandungan nutrisi tersebut memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dan khasiat jus alpukat ?

Kandungan vitamin yang tinggi pada jus alpukat sangat menguntungkan bagi kesehatan seperti vitamin A yang baik untuk mata dan juga sebagai nutrisi pendukung imunitas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, Di dalam 100 gram buah alpukat terkandung sekitar 300-400 IU vitamin A dan sekitar 165 mikrogram karoten. Selain vitamin A di dalam alpukat juga terdapat vitamin B yang berperan sangat penting dalam proses metabolisme tubuh, lain halnya dengan vitamin C sebagai penambah daya tahan tubuh, Kadar vitamin C alpukat sekitar 14 mg per 100 gram buah alpukat. Sedangkan vitamin E dapat merawat kulit seperti mengencangkan kulit dan menghambat keriput. Campuran vitamin A dan E dapat bermanfaat menghaluskan kulit, mengencangkan, membuat kulit menjadi kenyal, dan menghilangkan kerut di wajah sehingga terlihat segar dan awet muda sedangkan paduan antara vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium dan mangan menjadikan alpukat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dengan adanya asam folat dan vitamin B, serta vitamin-vitamin B lainnya, alpukat ideal untuk merangsang pembentukan jaringan kolagen.

Alpukat merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak. Walaupun mengandung lemak cukup tinggi, alpukat dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Hal ini dikarenakan adanya lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam jus alpukat. Lemak yang baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Pada responden yang mengkonsumsi 1-1,5 buah alpukat per hari, kadar kolesterolnya turun dari 236 menjadi 217. Tetapi ada juga sebagian orang takut untuk mengkonsumsinya karena dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak dalam alpukat memang 20-30 kali lebih banyak dibandingkan buah lain. Dalam 100 gram daging alpukat, terdapat 16 gram lemak, atau setara dengan 167 kalori. Ini berarti kadar lemak dalam alpukat sekitar 16 persen. Tidak heran jika sering terdengar ucapan jangan kebanyakan minum alpukat, nanti kolesterolnya naik.. Seharusnya kita tidak perlu takut, ternyata 63% dari kandungan lemak tersebut adalah asam lemak tak jenuh. Ini sebanding dengan minyak zaitun. Artinya minum jus alpukat aman-aman saja bagi orang yang sedang menjaga kadar kolesterol. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Queensland, Australia, menemukan kalau makan setengah hingga satu setengah buah alpukat setiap hari dapat mengalahkan diet rendah lemak yang bertujuan untuk menurunkan kolesterol tubuh. Dengan adanya hasil penelitian tersebut kita tidak perlu khawatir lagi minum jus alpukat. Lemak yang ada pada alpukat termasuk lemak tak jenuh yang tidak membuat kita gemuk dan tidak mengakibatkan kolesterol tinggi. Sehingga penyakit stroke dan serangan jantung dapat kita hindari.

Banyak orang yang ingin mengurangi berat badan menjauhi buah alpukat. Memang benar alpukat merupakan salah satu buah yang tinggi kadar lemaknya, sekitar 16 persen. Tapi lemak yang terkandung sebenarnya aman dan malah menyehatkan. Hal itu karena 63 persen unsur penyusunnya adalah asam lemak tidak jenuh, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Karena kaya lemak, alpukat sering dituduh sebagai penyebab kegemukan. Padahal itu tidak benar, jika pola makan kita baik, makan alpukat tidak perlu jadi masalah. Apalagi alpukat mengandung lemak yang menyehatkan.

Pendapat yang mengatakan minum jus alpukat bisa membuat tubuh kita gemuk sangat kontra dengan studi jurnal ‘Diabetes Care’ yang mengungkapkan, seseorang yang menjalankan diet dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat membakar lemak tubuh khususnya bagian perut. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyimpan lemak di sekitar perut dan pinggul. Namun, dengan adanya lemak tak jenuh tunggal penimbunan lemak bisa digagalkan sehingga bagian perut dan pinggul aman dari timbunan lemak. Semakin rutin mengkonsumsi jus alpukat akan semakin menguntungkan, karena semakin banyak lemak luruh sehingga tidak ada penumpukan lemak pada bagian perut dan pinggul. Pada program diet ini, alpukat harus di buat jus tanpa menambahkan gula dan susu kedalamnya, karena jika di tambahkan dengan gula dan susu bukan dapat melangsingkan tubuh tapi malah sebaliknya akan membuat gemuk, karena lemak jahat bukan dari alpukat tetapi dari gula dan susu. Supaya manis kita bisa menambahkannya dengan madu, karena madu juga bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Efektivitas minum jus alpukat menurunkan kadar “kolesterol jahat” juga dipacu kandungan seratnya yang tinggi. Serat larut dalam alpukat akan menyerap kelebihan “kolesterol jahat” dan membuangnya bersama sampah makanan. Sebuah alpukat ukuran sedang mengandung serat 10 gram. Menyantap satu buah saja sudah memenuhi 40% kecukupan asupan serat sehari. Kandungan serat yang tedapat dalam alpukat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan dan membuang sisa-sisa pencernaan yang beracun. Selain itu juga membantu mencegah penyakit sembelit.

Selain kaya akan vitamin dan mengandung lemak tak jenuh, didalam alpukat juga terdapat zat besi yang berperan membantu regenerasi hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga bisa mencegah penyakit anemia. Banyak lagi manfaat lainnya seperti jus alpukat mengandung potassium atau kalium Zat ini juga dikatakan bisa mengurangi tingkat depresi seseorang, meredakan tekanan darah tinggi, mengontrol debar jantung, dan menjaga kesehatan sistem saraf. Separuh alpukat ukuran sedang mengandung 548 mg kalium, 15 persen lebih tinggi dari kandungan kalium dalam sebuah pisang. Di dalam alpukat juga terkandung asam oleat, zat ini merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

Ternyata alpukat juga baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Kandungan asam folatnya amat dibutuhkan janin, agar otak dan tulang belakangnya dapat tumbuh sehat sempurna. Satu buah sedang alpukat mengandung 114 mkg asam folat, sudah memenuhi 30 persen kecukupan asam folat harian yang dianjurkan. Selain asam folat, kandungan vitamin B-kompleks lain yang tersimpan dalam alpukat adalah vitamin B6. Penting untuk mengontrol fungsi sistem saraf. Rendahnya konsentrasi vitamin B6 dalam darah mudah menimbulkan mual-mual pada trimester pertama kehamilan. jadi makan alpukat pada pra-kehamilan dan selama hamil dapat mencegah mual karena ngidam.

Menurut Prof. dr. Joseph Hersh dari Fakultas Kedokteran Universitas Louisville, Kentucky, AS, trimester I merupakan masa pembentukan sistem saraf pusat janin, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Bayi yang kekurangan asam folat bisa menderita gangguan jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih, serta cacat anggota tubuh lainnya. Penelitian pada 1991 juga menemukan hubungan antara asam folat dan cacat lahir. Kekurangan asam folat -yang mempengaruhi pembentukan fungsi otak, saraf, dan sumsum tulang- ternyata dapat berakibat bayi yang dilahirkan cacat. Seperti pada zat-zat gizi lain, kalau janin tidak memperoleh pasokan asam folat, dia akan mengambilnya dari cadangan sang ibu. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan ibu. Selain anemia, letih, lesu, insomnia (susah tidur), pelupa, depresi, sampai rambut beruban, ibu terancam pula oleh risiko terkena kanker usus besar, payudara, dan pankreas.

Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, ibu menyusui 500 mikrogram, serta perempuan dewasa 400 mikrogram. Selain asam folat dan lemak, alpukat mengandung serat yang mampu membantu mencegah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan kadar kalium (bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah) pada alpukat 2-3 kali lebih banyak daripada pisang.

Sebagai kesimpulan, mengkonsumsi jus alpukat secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh kita, lebih baik kita mencegah dari pada mengobati. Minum jus alpukat juga tidak mahal biayanya karena masih bisa terjangkau di bandingkan kita mengobati penyakit yang ganas itu datang. Selain rasanya enak, minum jus alpukat memberikan banyak khasiat kepada kita karena di dalam jus alpukat terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Apalagi lemak dalam alpukat merupakan lemak sehat yang dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh kita. Oleh sebab itu dengan menurunnya kolesterol di dalam tubuh kita maka dapat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Banyak lagi manfaat dari minuman jus alpukat, selain dapat menurunkan kolesterol juga bermanfaat untuk kulit seperti mengencangkan kulit, menghilangkan kerut di wajah sehingga terlihat awet muda. Hal ini di sebabkan karena adanya paduan antara vitamin A dan vitamin E yang ada di dalam alpukat. Manfaat lainnya dari minum jus alpukat ini seperti meredakan tekanan darah tinggi, mengontrol debar jantung, dan menjaga kesehatan sistem saraf. Banyak sekali manfaat bagi yang mengkonsumsi alpukat dengan di jus tanpa menambahkan gula dan susu, cocok untuk semua yang mengkonsumsinya salah satunya bagi ibu hamil membantu pertumbuhan janin agar tumbuh normal. Tidak ada ruginya kita minum jus alpukat secara rutin, banyak sekali kandungan nutrisi pada alpukat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Referensi

http://www.anneahira.com/khasiat-jus-alpukat.htm

http://sururudin.wordpress.com/2010/04/02/manfaat-alpukat/

CPNSONLINE.COM

Gabung Member CPNSONLINE Indonesia untuk mendapatkan Soal CAT CPNS 2014 Lengkap dan Update Info CPNS Klik disini

Tryout CPNS 2014 Klik disini

Materi Soal CAT CPNS 2014 Klik disini

Diskusi Gratis Soal CPNS 2014 Klik disini

Prediksi Soal CPNS 2014

Prediksi Soal CPNS 2014

Mari bergabung dalam komunitas member cpnsonline.com, temukan kami di facebook. KLIK

soalcasn2-468x60.gif

13 Comments

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s